09 September 2011

Membuat Database MySql

Setelah sebelum nya saya telah menjelaskan menggunakan PHP dengan XAMPP, selanjutnya untuk posting kali ini membuat database MySql dengan menggunakan command prompt, database sederhana ini nantinya akan digunakan untuk mengubungkan PHP dengan MySql yang akan djelaskan pada posting selanjut nya (maaf belum sempat). Agar tidak bingung saya jelaskan detail database yang akan saya buat sebagai berikut :

Nama Database : belajarphp
Nama Table : coba1
Field 1 : id_coba
Field 2 : posting_coba

kita lanjutkan...
  1. Masuk ke cmd dengan cara klik start - run dan ketik cmd enter.
  2. Masuk ke direktori mysql dengan cara ketik cd C:\xampp\mysql\bin
  3. Bila sudah masuk ke folder bin ketik mysql -u root untuk masuk kedalam mysql, bila berhasil akan muncul tulisan mysql>


Selanjutnya ketik perintah yang ditandai dengan huruf tebal secara urut yang setiap nomor diakhiri dengan menekan tombol enter :
  1. create database belajarphp;   digunakan untuk membuat database dengan nama belajarphp
  2. use belajarphp;   untuk menggunakan database dengan nama database belajarphp
  3. create table coba1 (id_coba int (5) primary key auto_increment, posting_coba varchar (50) not null);   perintah ini digunakan untuk membuat table dengan nama coba1 yang terdapat dua kolom, kolom pertama diberi nama id_coba yang hanya bisa menampung 5 digit angka (99999) merupakan primary key (kunci utama) dengan membuat nomor urut secara otomatis (auto_increment), sedangkan kolom kedua diberi nama posting_coba yang bisa menampung karakter sebanyak 50 kata dan kolom ini tidak boleh kosong (not null)
  4. insert into coba1 (posting_coba) values ('ini merupakan posting pertama');
  5. insert into coba1 (posting_coba) values ('ini merupakan posting kedua');   perintah pada nomor 4 dan 5 adalah untuk memasukkan data ke dalam tabel coba1 pada kolom posting_coba dengan nilai (values) ini merupakan posting pertama. Sebagai catatan nilai id_coba tidak dimasukkan karena pada perintah sebelumnya telah ditambahkan auto_increment yang berarti akan terisi sendiri.


untuk melihat struktur tabel coba1 ketik perintah


dan untuk melihat hasil nya ketik perintah select * from coba1;
berikut hasil nya :


selamat anda telah berhasil membuat database sederhana dengan MySql menggunakan cara yang agak repot, untuk lebih mudah nya teman-teman bisa menggunakan phpMyAdmin yang sudah tersedia di dalam XAMPP.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai database MySQL, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4327/1/DOKUMEN%20PRESENTASIOK.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Balas

Posting Komentar